Monday, May 23, 2016

sejarah recording musik

PART 2


PERKEMBANGAN INDUSTRI REKAMAN DI INDONESIA
Keberadaan Perusahaan Rekaman di Indonesia dan Era Piringan Hitam
PADA mulanya adalah musik klasik dan jazz, lalu gramafon Columbia made in USA dan peralatan studio rekaman dibawa ke Hindia Belanda pada awal abad ke-20, seratus tahun silam. Setelah itu baru tercatat berdirinya perusahaan rekaman ODEON, CANARY, dan HIS MASTER VOICE di Surabaya, yang memproduksi piringan hitam untuk orang-orang kaya perkotaan yang jumlahnya tidak seberapa.
Catatan keberadaan perusahaan rekaman di Indonesia ditemukan sekitar tahun 1954 ketika IRAMA berdiri, disusul DIMITA, REMACO di Jakarta dan perusahaan rekaman milik negara LOKANANTA di Solo. Pencinta musik Suyoso Karsono yang lebih dikenal Mas Yos menggunakan garasi rumahnya di Jalan Theresia, Jakarta, untuk merekam sejumlah grup musik, dari sinilah lahir perusahaan rekaman IRAMA.
Yang pertama direkam Irama adalah sebuah quintet yang terdiri dari Dick Abel, Max van Dalm, Van der Capellen, dan Nick Mamahit. Perusahaan rekaman pertama setelah kemerdekaan Indonesia ini juga memproduksi penyanyi dan grup musik Melayu seperti Hasnah Tahar (Burung Nuri, Khayalan dan Penyair), yang diiringi Orkes Melayu Bukit Siguntang pimpinan A Chalik.
Kemudian Munif Bahasuan (Ratapan Anak Tiri), Oslan Husein yang me-rock ‘n roll-kan lagu Bengawan Solo, Kampuang nan Jauh di Mato dengan iringan musik orkes Taruna Ria, Nurseha (Ayam den Lapeh, Laruik Sanjo), serta Mas Yos sendiri yang merekam suara lewat lagu Nasi Uduk, Janganlah Jangan diiringi Orkes Maruti.
Sebelum menjadi Koes Bersaudara dan masuk rekaman DIMITA tahun 1969, Koes Bersaudara yang terdiri dari Tonny, Yon, Yok, Nomo, Jon pada tahun 1962 merekam lagu-lagunya di IRAMA. Sejumlah lagunya yang hingga kini masih digemari antara lain Dara Manisku, Jangan Bersedih, Harapanku, Dewi Rindu, Bis Sekolah, Pagi Yang Indah, Si Kancil, Oh Kau Tahu, Telaga Sunyi, Angin Laut, Senja, Selamat Berpisah, Aku Rindukan Kasihmu, Gadis Puri, Kuduslah Cintamu., Selalu, Rindu, Awan Putih, Doa Ibu, Bintang Kecil, Di Pantai Bali.
Titiek Puspa (Minah Gadis Dusun, Si Hitam, Daun Yang Gugur, Mari Kemari), Lilies Suryani (Gang Kelinci, Tiga Malam, Jali Jali), Tuty Subarjo – Onny Suryono (Telepon), Rachmat Kartolo (Patah Hati, Pusara Cintaku), Elly Kasim (Bareh Solok, Hitam Manis), Nien Lesmana (Kopral Djono, Letnan Hardi, Menanti) serta Ireng Maulana sempat pula berkarya di studio rekaman IRAMA yang amat sederhana di Jalan Cikini Raya. Sedemikian sederhananya sehingga suara hujan atau kereta api yang lewat di belakang studio terekam lebih keras dari musik dan vokal penyanyi.
Jejak IRAMA diikuti DIMITA dan REMACO, yang selain memproduksi lagu-lagu keroncong, mulai berpaling pada lagu pop. Dimita yang dipimpin Dick Tamimi memproduksi piringan hitam Panbers dan Koes Bersaudara, sebelum kedua grup itu pindah ke Remaco.
Sementara LOKANANTA tetap memproduksi lagu-lagu daerah dan tradisional. Hingga tahun 1964, perusahaan-perusahaaan yang memproduksi piringan hitam ini tidak mengalami hambatan berarti kecuali pasar yang lambat berkembang.

No comments:

Post a Comment